Kamis, 05 Januari 2017

KUMPULAN MITOS



MITOS
1.      COLEK PAMOR
Colek pamor adalah mitos pada jaman saya masih kecil sekitar 6 tahun. Dimana mitos colek pamor saat itu sudah tersebar luas, saya mendengar dari mulut ke mulut bahwa colek pamor itu adalah pertanda buruk atau akan ada marabahaya. Colek pamor itu berada di sekitaran tugu (jero gede/penunggu karang). Semua rumah yang ada penunggu karangnya , pasti berisi pamor, akan tetapi tidak ada satupun yang mengetahui siapa yang mengisi pamor tersebut, sampai-sampai ada beberapa masyarakat yang berjaga pada malam hari hanya untuk ingin menegtahui siapa yang mengolesi pamor tersebut di tugu/pura-pura mereka, namun tidak ada tanda-tanda ada orang yang datang sampai pagi hari.
2.      POTONG RAMBUT PADA SAAT ISTRI HAMIL
Orang tua mengatakan bahwa jika seorang laki-laki yang memiliki istri yang sedang hamil, maka laki-laki tersebut tidak boleh memotong rambutnya, karena jika laki-laki tersebut memotong rambutnya maka ia akan memiliki keturunan, atau istrinya akan melahirkan anak yang tidak normal atau cacat. Sama halnya dengan sang istri, jika sang istri membunuh serangga, maka ia akan melahirkan anak yang cacat. Begitulah mitos yang berada di masyarakat yang masih kental di percaya oleh masyarakat.
3.      TIDAK BOLEH MAKAN DENGAN PIRING BERTUMPUK
Desa Sembiran adalah Desa Bali Aga yang pertama dan yang tertua di bali, dimana desa ini banyak menyimpan benda-benda prasejarah dan tempat- tempat yang unik, tidak hanya itu desa ini juga banyak memiliki destinasi wisata, seperti ruamh tua, air terjun dll. Namun disini saya ingin mencertakan mitos yang ada di desa ini, diaman mitos tersebut adalah tidak boleh makan makanan yang piringnya bertumpuk, jika seseorang tersebut adalah perempuan yang sedang makan makanan dengan piring bertumpuk, maka ia akan memiliki suami dua, begitupun sebaliknya pada laki-laki.
4.      TIDAK BOLEH MEMBERI HADIAH BAJU PADA SANG KEKASIH
Pada jaman modern ini masih banyak mitos yang dipercaya oleh kalangan anak remaja, khususnya yang memiliki pujaan hati. Mitos tersebut adalah tidak boleh memberi hadiah baju kepada psanganya atau yang masih berstatus pacaran, karena jika seseorang memberikan hadiah baju kepada pasangan atau pacarnya,  maka hubung mereka tidak akan bertahan lama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar